Selamat Datang!

Bazar Kuliner SMK Islam Diponegoro, Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Murid

Pendidikan merupakan pintu gerbang generasi penerus bangsa untuk membentuk pribadi yang unggul, baik secara individu maupun kelompok. SMK Islam Diponegoro sebagai sekolah kejuruan, selain memiliki kompetensi sesuai program keahliannya, murid juga diharapkan memiliki jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) usai menamatkan pendidikan formalnya di sekolah. Untuk itu pelajaran Kewirausahaan sangatlah penting untuk diberikan pada jenjang SMK, sehingga jiwa kreatif kewirausahaannya bisa muncul sejak dini.

"Proyek Kreatif & Kewirausahaan" yang sejak lama sudah diberikan di SMK sebagai salah satu mata pelajaran diharapkan disampaikan dengan mengikuti perkembangan teknologi yang berkembang sangat pesat saat ini, sekolah diharapkan mampu menanamkan nilai-nilai kewirausahaan sejak dini. Melalui pendidikan kewirausahaan diharapkan kelak anak dapat mandiri dan memberikan kesempatan bekerja bagi orang lain. Jiwa entrepreneurship dapat melatih anak untuk mampu bertindak cerdas dalam menghadapi berbagai tantangan saat ini dan ke depannya yang akan melahirkan entrepreneur-entrepreneur muda yang cerdas, unggul dan berdaya saing.
Dalam rangka pelaksanaan Proyek P5 Kewirausahaan Kelas X SMK Islam Diponegoro Losari, pada tanggal 25 februari 2023 sekolah mengadakan kegiatan Bazar Kuliner SMK ISDIP, yang dimulai sejak pukul 07.30 hingga selesai. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memupuk dan menanamkan jiwa kewirausahaan yang tinggi sehingga dapat diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari sejak dini dan semakin berkembang setelah menamatkan pendidikan di SMK. Dengan adanya kegiatan Bazar tersebut hendaknya para murid bisa menjiwai dan melaksanakan secara nyata kegiatan berwirausaha serta bekerja secara tim (teamwork), karena kegiatan ini dilaksanakan bersama-sama dengan teman-teman sekelasnya dari merencanakan sampai kegiatan bisa terlaksana. Hal ini tentu memerlukan ide dan kreatifitas, jika hal ini terus dipupuk maka akan menghasilkan lulusan SMK yang kreatif dan inovatif seperti yang diharapkan oleh pemerintah.
Bazar kali ini merupakan bagian kegiatan Proyek P5 Kewirausahaan Kelas X SMK Islam Diponegoro Losari yang bertujuan untuk memunculkan jiwa wirausaha dan wirausahawan pemula (baru) di SMK Islam Diponegoro.

Peserta kegiatan ini adalah para siswa kelas X dari semua program keahlian yang ada di SMK Islam Diponegoro, yakni Teknik Otomotif, Teknik Jaringan Komputer & Telekomunikasi (TJKT), Perhotelan (PHT), dan juga Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL).
Berbagai jenis kuliner yang digelar dalam bazar ini diantaranya: aneka jajanan seperti risol mayonaise, bakso mercon, cilok suwir, maklor (makaroni telor), pisang coklat lumer, puding buah, kerang hijau, tahu jeletot, ceker ayam hot, cireng isi, sosis-bakso bakar. Lengkap juga dengan aneka menu minuman menyegarkan seperti es melting, es lumut, es teh, es teh susu jelly, es capuccino cincau, es jomblo, es marsel (marjan selasih) dan lain-lain.

Wandri, S.Pd., salah satu tim pelaksanaan dan sosialisasi Proyek P5 Kewirausahaan SMK Islam Diponegoro Losari menyampaikan terima kasih kepada kepala sekolah, Bapak/Ibu guru beserta segenap karyawan yang senantiasa mendukung para siswa, sehingga anak-anak semakin semangat untuk menjadi seorang wirausahawan/wirausahawati di masa depan.
Para siswa sangat senang dan antuasias dalam kegiatan kali ini karena diberi kesempatan untuk belajar mengembangkan jiwa wirausahanya dengan diberikan fasilitas berupa kegiatan bazar di halaman sekolah. Alhamdulillah barang dagangan semuanya terjual habis dalam beberapa jam saja.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : SMK Islam Diponegoro | News Mojo | Musikindo99 | Lirik Raja | Nike Ardilla
Copyright © 2023. SMK Islam Diponegoro Losari - All Rights Reserved
Admin by Hotam T. Sulaksono
Proudly powered by Blogger